5 Level Kepemimpinan Menurut John C. Maxwell

Kepemimpinan (Leadership) adalah tentang pertumbuhan - untuk diri Anda, hubungan Anda, produktifitas Anda, dan orang-orang Anda. Untuk bisa memimpin dengan baik, Anda harus memahami bahwa Anda perlu secara terus-menerus melakukan perbaikan dan pertumbuhan secara berkelanjutan.

Kepemimpinan yang sejati bukanlah tentang memiliki power atau posisi jabatan tertentu. Karena pada kenyataannya, Anda dipilih untuk mengisi jabatan tertentu adalah langkah paling awal dari 5 (lima) tingkatan yang bisa dicapai oleh seorang pemimpin yang efektif. Untuk menjadi lebih dari sekedar "boss" yang diikuti oleh orang lain karena sebuah keharusan, Anda harus menguasai kemampuan untuk berinvestasi dalam diri orang lain dan memotivasi mereka.



Berikut adalah 5 (lima) tingkat Kepemimpinan menurut pak John C Maxwell:

Level 1 - Position
Tingkat kepemimpinan terendah — tingkat awal, adalah Posisi. Ini satu-satunya level yang tidak membutuhkan kemampuan atau usaha untuk mencapainya. Bagaimanapun, siapa pun dapat diangkat ke suatu posisi! Meskipun tidak ada yang salah dengan memiliki posisi kepemimpinan, namun menjadi salah jika hanya mengandalkan posisi itu untuk membuat orang mematuhi dan mengikuti kita. Karena ini hanya berfungsi jika Anda memiliki pengaruh (seperti keamanan pekerjaan atau gaji) atas pengikut Anda. Di Tingkat 1, orang hanya mengikuti jika mereka yakin bahwa mereka harus melakukannya.

Orang yang tetap pada level posisi mungkin akan kesulitan untuk bekerja dengan relawan. Mengapa? Karena posisi tidak otomatis berpengaruh, dan relawan sadar bahwa mereka tidak perlu mengikuti siapa pun. Mereka benar-benar hanya mengikuti jika mereka mau.

Tapi tidak semuanya berita buruk tentang level ini. Ini adalah tempat utama bagi Anda untuk mulai berinvestasi dalam pertumbuhan dan potensi Anda sebagai seorang pemimpin. Gunakan waktu Anda di level ini untuk belajar untuk memimpin diri sendiri - melalui prioritas dan disiplin diri - dan Anda akan siap untuk naik ke level berikutnya.

Level 2 - Permission
Level 2 didasarkan pada hubungan. Pada level ini, orang memilih untuk mengikuti, karena mereka ingin. Dengan kata lain, mereka memberi izin kepada pemimpin untuk memimpin mereka. Untuk tumbuh di tingkat ini, para pemimpin berupaya untuk mengenal orang-orang dan terhubung dengan mereka. Anda tidak dapat memimpin tanpa orang, yang berarti Anda perlu belajar menyukai orang jika Anda ingin memimpin dengan baik!

Ketika Anda menyukai orang dan memperlakukan mereka sebagai individu yang memiliki nilai, Anda mulai mengembangkan pengaruh positif dengan mereka. Kepercayaan tumbuh, yang biasanya mengarah pada rasa hormat. Dan lingkungan menjadi jauh lebih positif — baik di rumah, di tempat kerja, saat bermain, atau saat menjadi sukarelawan. Tingkat 2 adalah tempat dibangunnya hubungan yang kokoh dan langgeng yang menciptakan fondasi untuk tingkat berikutnya.

Level 3 - Production
Para pemimpin terbaik tahu bagaimana memotivasi orang-orang mereka untuk get things done - menyelesaikan banyak hal! Dan menyelesaikan sesuatu adalah inti dari Level 3. Pada tingkat ini, pemimpin yang membuahkan hasil membangun pengaruh dan kredibilitas mereka. Orang-orang tetap mengikuti karena mereka ingin, tetapi mereka melakukannya karena lebih dari sekedar hubungan. Orang-orang mengikuti pemimpin Tingkat 3 karena rekam jejak mereka.

Tingkat produksi adalah tempat para pemimpin dapat menjadi agen perubahan. Pekerjaan selesai, moral meningkat, keuntungan naik, omset turun, dan tujuan tercapai. Semakin Anda produktif, semakin Anda mampu mengatasi masalah yang sulit dan menghadapi masalah yang pelik. Memimpin dan mempengaruhi orang lain menjadi menyenangkan, karena ketika semua orang bergerak maju bersama, tim naik ke tingkat efektivitas yang lain.

Penting untuk diperhatikan di sini bahwa tujuan dari 5 Tingkat bukanlah untuk berpindah dari satu tingkat untuk tumbuh di tingkat yang baru. Sebaliknya, 5 tingkat kepemimpinan ini dibangun di atas satu sama lain. Dengan kata lain, pemimpin Tingkat 3 masih perlu melakukan hal-hal yang membuat Tingkat 2 terjadi. Mereka hanya menambahkan strategi Level 3 ke dalam campuran. Dan saat mereka menjadi efektif di Level 3, mereka siap untuk melapisi tujuan dari level berikutnya.

Level 4 - People Development
Pada level 4 dapat diringkas dalam satu kata: Reproduction. Tujuan Anda pada tingkat ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan pemimpin sebanyak mungkin dengan berinvestasi di dalamnya dan membantu mereka tumbuh.

Alasannya sederhana: Ketika ada lebih banyak pemimpin, lebih banyak misi organisasi yang dapat diselesaikan. Orang yang Anda pilih untuk dikembangkan mungkin menunjukkan potensi besar untuk kepemimpinan, atau mereka mungkin berlian dalam kesulitan, tetapi gagasan utamanya sama: Ketika Anda berinvestasi di dalamnya, Anda dapat mereproduksi diri Anda sendiri.

Semakin Anda membangkitkan pemimpin baru, semakin Anda akan mengubah kehidupan semua anggota tim. Akibatnya, orang akan mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka secara pribadi. Dan sebagai bonus tambahan, beberapa dari hubungan mentoring tersebut kemungkinan besar akan bertahan seumur hidup.

Jadi untuk tumbuh di tingkat pengembangan orang, Anda perlu menjadikan investasi pada pemimpin sebagai prioritas, dan mengambil langkah yang disengaja setiap hari untuk membantu mereka tumbuh. Lakukan itu secara konsisten, cukup lama, dan Anda mungkin mulai menuai hasil di level berikutnya.

Level 5 - Pinnacle (Puncak)
Tingkat kepemimpinan tertinggi juga merupakan tantangan yang paling sulit untuk dicapai. Ini membutuhkan waktu sangat panjang dan juga intensionalitas. Anda tidak bisa mencapai Level 5 kecuali Anda bersedia menginvestasikan hidup Anda ke dalam kehidupan orang lain untuk jangka panjang. Tetapi jika Anda mematuhinya, jika Anda terus-menerus fokus pada pertumbuhan diri Anda sendiri di setiap tingkat, dan mengembangkan pemimpin yang bersedia dan mampu mengembangkan pemimpin lain, Anda mungkin menemukan diri Anda berada di Puncak.

Untuk menjadi pemimpin Pinnacle diperlukan komitmen cukup besar, tetapi begitu pula hasilnya. Pemimpin Level 5 mengembangkan organisasi Level ke 5. Mereka menciptakan peluang yang tidak dimiliki pemimpin lain. Mereka menciptakan warisan dalam apa yang mereka lakukan. Orang mengikuti mereka karena siapa mereka dan apa yang mereka wakili. Dengan kata lain, kepemimpinan mereka mendapatkan reputasi yang positif. Akibatnya, pemimpin Level 5 sering kali melampaui posisi, organisasi, dan terkadang industri mereka.

Kepemimpinan adalah tentang pertumbuhan - untuk diri Anda sendiri, hubungan Anda, produktivitas Anda, dan orang-orang Anda. Untuk memimpin dengan baik, Anda harus merangkul kebutuhan Anda akan peningkatan yang berkelanjutan, dan 5 Level ini menyediakan GPS kepemimpinan (leadership GPS) untuk membantu Anda dalam perjalanan Anda. Anda harus tahu di mana Anda berada, untuk mengetahui ke mana arah Anda akan pergi.

Jika Anda tidak tahu ke mana Anda pergi, maka tak ada jalan yang akan membawa Anda ke tujuan Anda.

G Mahardika

3 comments:

Anonymous said...

keren pak quotenya, GPS kepemimpinan ..

G Mahardika said...

You have to know where you're going. If you don't know where you're going, you'll never know if you've arrived. Ini juga ngutip

Anonymous said...

sulit ya pak utk mencapai level ke lima. Kebanyakan para leader dipatuhi hanya karena posisinya atau kebengisannya. Betul tdak?